JURNAL METODE TITRIMETRI PDF

Validasi Metode Analisis Kadar Kalsium pada Susu Segar secara Titrasi Kompleksometri. Jurnal Natural. Vol. 12, No. .. a) Metode asam klorida-natrium hidroksida Sebanyak g umbi menggunakan metode titrimetri sesuai AOAC. (). Metode: Diantara banyak metode kolorimetri yang ada untuk menganalisis gula pereduksi, yang paling pada titrimetri, banyak memakan waktu, sulit.

Author: Dozragore Kakazahn
Country: Cameroon
Language: English (Spanish)
Genre: Medical
Published (Last): 13 May 2018
Pages: 419
PDF File Size: 12.62 Mb
ePub File Size: 18.39 Mb
ISBN: 221-5-65752-213-4
Downloads: 77320
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Volrajas

Asidimetri Asidimetri merupakan penetapan kadar secara kuantitatif terhadap senyawa senyawa yang bersifat basa dengan menggunakan baku asam Gandjar, Untuk memperoleh ketepatan hasil titrasi maka titik akhir titrasi dipilih sedekat mungkin dengan titik ekivalen, hal ini dapat dilakukan dengan memilih indiator yang tepat dan sesuai dengan titrasi yang akan dilakukan. Indikator PH asam basa adalah metlde idikator atau zat yang dapat berubah warna apabila PH lingkungan berubah. Fenolftalein tidak bereaksi hanya saja saat keadaan basa ia berwarna merah.

Jika kadarnya berlebih maka akan merugikan dan membahayakan orang yang mengkonsumsi obat tersebut. Setiap labu Erlenmeyer dikocok, agar campurannya merata.

Hal ini menunjukkan bahwa larutan berada pada pH asam atau basa. Analisis kuantitatif yang paling sering diterapkan yaitu analisis titrimetri.

Analisis titrimetri yang didasarkan pada terjadinya reaksi asam dan basa antara sampel dengan larutan standar disebut analisis asidi — alkalimetri. Ini dapat dicapai apabila kita dapat menemukan indicator yang sesuai dengan perubahan warnanya terjadi dalam selang pH yang sesuai dengan titik setara Petrucci, Reaksi Penetralan Reaksi penetralan adalah reaksi antara aam dan basa yang menghasilkan garam dan air Sridianti, Konsep Dasar Kimia Analitik.

Volume NaOH yang diperlukan untuk titrasi sebanyak 9,87 yang dihitung dari rata-rata 3 kali percobaan. Kemudian buret disiapkan dan dititrasi dengan NaOH tiyrimetri. Pada percobaan kedua didapatkan volume NaOH sebanyak 35 ml.

Suatu larutan standar dapat disiapkan dengan menggunakan suatu sampel zat terlarut yang diinginkan, yang ditimbang dengan tepat dalam volume larutan yang diukur dengan tepat. Suatu pengawet dalam sediaan obat harus sesuai dengan kadar yang telah ditetapkan, tidak kurang dan tidak fitrimetri atau harus sesuai dengan peraturan yang tertera pada farmakope.

  BIOGRAFIA DE RAYMOND CATTELL PDF

jurnal buret pdf – P(1) –

Ilmu Kimia Analitik Dasar. Hal ini dilakukan karena asam borat yang merupakan zat tambahan yang digunakan sebagai pengawet dalam sediaan sampel harus diketahui kadarnya. Catat volume yang ditransfer oleh buret … File link: Indikator umumnya adalah senyawa berwarna dimana senyawa tersebut akan berubah warnanya dengan adanya perubahan pH. Turunkan buret dan statifnya ke lantai agar jika ada larutan yang tumpah.

Indikator berubah warna karena sistim kloroformnya diubah oleh reaksi asam basa. Mekanisme perubahan warna yang terjadi pada titrasi alkalimetri yang dilakukan adalah pada larutan sampel yang bersifat asam yang telah ditambahkan indikator fenolftalein yang kemudian akan dititrasi dengan titran yang bersifat basa, dimana akan terjadi reaksi antara sampel asam yaitu asam borat dengan titran basa yaitu NaOH membentuk larutan garam. Untuk keperluan titrasi asam basa diperlukan indikator alami yang memiliki perubahan warna yang tajam ketika dalam suasana asam ke basa atau sebaliknya.

Ilmu Kimia untuk Universitas. Proses penentuan kadar dilakukan dengan menggunakan proses asidi alkalimetri dikarenakan dalam bidang farmasi, asidi alkalimetri dapat digunakan untuk menentukan kadar suatu obat dengan teliti, karena dengan proses asidi dan alkalimetri penyimpangan titik ekivalen lebih kecil sehingga lebih mudah untuk mengetahui titik akhir titrasinya yang ditandai dengan suatu perubahan warna.

ASIDIMETRI ALKALIMETRI_KELOMPOK 4.pdf

Universitas Islam Negeri Gunung Jati. Diambil 10 ml asam borat dan dimasukkan ke dalam tiga labu Erlenmeyer. Prinsip prinsip dalam proses pengenceran diantaranya pengenceran dilakukan dengan memakai labu ukur, kemudian dihitung jumlah zat terlarut yang akan diencerkan, lalu dimasukkan kedalam labu ukur zat terlarut yang akan diencerkan diatas dan ditambahkan aquadest sampai tanda batas yang terdapat pada labu ukur.

Kosolven adalah pelarut yang ditambahkan dalam suatu sistem untuk membantu melarutkan atau meningkatkan stabilitas dari suatu zat. Larutan standar dapat dibuat dari salah satu dari dua cara Weiner, Yang diperlukan adalah memadankan titik akhir indicator dengan titik akhir penetralan.

  IC DH321 PDF

Hal ni dilakukan karena penggunaan labu ukur akan lebih tepat dalam penalaran volume.

Sedangkan pada percobaan ketiga didapatkan volume NaOH sebanyak 34 titrjmetri. Turunkan buret dan statifnya ke lantai agar jika ada larutan yang tumpah File link: Introduction to Chemical Principles 7 th edition Laporan Praktikum Asidimetri Dan Alkalimetri jj. Teknik semacam itu disebut analisis volumetri Kleinfetter, Indikator Asam dan Basa tersedia online di http: Metode penelitian Titrimstri link: Setelah itu dilakukan pengambilan sampel larutan tadi sebanyak 10 ml kemudian dimasukan ke dalam labu enlenmeyer.

Bila suatu asam dan suatu basa yang masing-masing dalam kuantitas yang ekuivalen secara kimiawi, dicampur akan dihasilkan suatu reaksi penetralan, yang menghasilkan suatu larutan garam dalam air.

Prosiding Seminar Nasional Sains Mipa dan Aplikasi (ISBN: 978-602-98559-1-3)

Indikator fenolftalein akan berubah warna ketika titik ekivalen terjadi dan pada saat itulah proses titrasi dihentikan. Terjadi perubahan kecil yang berangsur-angsur dari satu warna menjadi warna yang lain, menempati rentang pH. Pembahasan Asidimetri dan alkalimetri merupakan titrasi yang melibatkan titrasi basa yang terbentuk karena hidrolisis garam yang berasal dari asam lemah dengan suatu asam standar dengan titrasi asam yang terbentuk dari hidrolisis garam yang berasal dari basa lemah dengan suatu basa standar.

Proses pengenceran titrmietri untuk mengurangi kepekatan dalam larutan atau memperkecil konsentrasi dan berfungsi untuk menghasilkan volume akhir yang lebih besar. Kimia Analitik Kuantitatif Anorganik.

International Journal of Arts and Sciences. Hal ini dilakukan agar dalam proses praktikum tidak mengalami kegagalan akibat adanya senyawa atau zat yang masih menempel di dinding peralatan yang akan digunakan. Tujuan Mengetahui titik akhir titrasi suatu larutan dengan menggunakan Asidimetri dan Alkalimetri. Karena Dalam percobaan ini digunakan indikator fenolftalein karena indikator fenolftalein pada suasan asam tidak berwarna sedangkan dalam suasana basa atau pada titik ekivalen berubah warna menjadi merah muda.